Google Memperingati Kelahiran Bob Moog

ARWUDA - Siapa yang sudah melihat perbedaan tampilan halaman utama Google hari ini? Hari ini Google sedang memperingati hari kelahiran seorang Amerika perintis musik elektronik yaitu Robert Arthur “Bob” Moog. Ia lahir pada tanggal 23 Mei 1934. Logo Google hari ini menampilkan salah satu alat musik yang dirintis oleh Bob Moog kalau kalian klik itu bisa keluar bunyi dari alat musik tersebut. 

Google Memperingati Kelahiran Bob Moog

Bob Moog paling dikenal sebagi penemu synthesizer Moog yang merupakan salah satu instrumen musik elektronik yang pertama kali. Proses pengerjaan awal komponen synthesizer ini dilakukan di studio Columbia-Princeton Electronic Music Center di Amerika, yang sekarang lebih dikenal dengan nama Computer Music Center. Saat di sana, Bob Moog mengembangkan osilator pengatur tegangan, generator ADSR, dan modul synthesizer lainnya bersama dengan komposer Herbert Deutsch.

Instrumen yang pertama dihasilkan adalah synthesizer modular. Pada tahun 1971 Moog Music mulai memproduksi Minimoog Model D dan merupakan salah satu synthesizer portabel yang relatif terjangkau pada masanya. Salah satu pelanggan awal Moog Music adalah Wendy Carlos yang banyak memberikan masukan berharga untuk pengembangan Moog synthesizer lebih lanjut. Melalui Keterlibatannya dalam musik elektronbik, Moog menjalin hunungan dekat dengan artis seperti Keith Emerson, Pamelia Kurstin, Gerson Kingsley, John Cage, Rick Wakeman, Clara Rockmore dan Don Buchla.

Bob Moog pernah mengatakan dalam sebuah wawancara pada tahun 2000 “Saya seorang engineer.Saya melihat diri saya sebagai pembuat alat musik dan musisi adalah pelanggan saya. Mereka menggunakan ciptaan saya.”

Moog pernah menerima penghargaan Pembina Grammy untuk prestasi seumur hidup pada tahun 1970. Pada tahun 2002, Moog mendapat kehormatan dengan Merit Award / Grammy khusus Teknis, dan gelar doktor kehormatan dari Berklee College of Music. Dia memberikan kuliah-antusias diterima pada tahun 2003 Antarmuka Baru untuk Ekspresi Musik (NIME-04) yang diselenggarakan di Hamamatsu, “Kota Alat Musik’ Jepang pada bulan Juni 2004. Moog merupakan inspirasi di belakang Moog Film 2004.

Karya Bob Moog akan terus dikenang sampai akhir masa di dunia permusikan dunia. Apakah Anda juga salah satu pencinta alat musik elektronik karya Bob Moog ini?

Arwuda Indonesia – Social Media Agency in Jakarta

Posted on May 22, 2012 by Arwuda
Tags: Bob Moog, Google, ARWUDA, ARWUDA INDONESIA, SOCIAL MEDIA AGENCY
 | Comments (0)

Comments (0)


Add a Comment





Allowed tags: <b><i><br>Add a new comment: