Google Merayakan Little Nemo in Slumberland Karya Winsor McCay

Google Merayakan Little Nemo in Slumberland Karya Winsor McCay

Siapa yang sudah melihat tampilan halaman mesin pencari hari ini? Ternyata hari ini Google merayakan Little Nemo in Slumberland yang dirintis oleh Winsor McClay. Little Nemo yang dibuat McCay di tahun 1905 genap berusia 107 tahun pada hari ini.

Pria dengan nama lengkap Winsor Zenic McCay ini dilahirkan di Spring Lake, Michigan, Amerika Serikat, pada 26 September 1869. Sejak tahun 1905 McCay telah menggarap strip komik berjudul Little Nemo. Little Nemo in Slumberland berkisah tentang mimpi seorang anak bernama Nemo. Awal dari perjalanan mimpi nemo adalah berada di suatu tempat di Slumberland yang diperintah oleh seorang raja bernama King Morpheus. Raja menginginkan Nemo dapat menjadi teman bermain putrinya. Di akhir cerita tergambar Nemo terbangun dari mimpinya karena di dalam mimpinya dia harus mengalami peristiwa yang menakutkan seperti dikejar dan akan dihancurkan oleh raksasa jamur, berubah jadi monyet, atau tiba-tiba menjadi 90 tahun lebih tua.

Meskipun hanya sebuah komik, komik tersebut pernah dimuat di surat kabar New York Herald dan New York (Journal) American. Komik ini pernah tampil dalam bentuk film di tahun 1911. Setelah Little Nemo McCay terus menciptakan karya menakjubkan yaitu animasi untuk film pendek bertajuk Gertie the Dinosaur yang dirilis pada tahun 1914.

Winsor McCay dianugerahi sebagai bapak animasi dunia berkat karya-karyanya yang menakjubkan. Beliau meninggal dunia pada 26 Juli 1934 dalam usia 64 tahun. Sampai sekarang karya ciptaan Winsor McCay menjadi salah satu inspirasi bagi para animator dan kartunis termasuk Walt Disney dan para tokoh legendaries lainnya.  

Posted on Oct 15, 2012 by Arwuda
 | Comments (0)

Comments (0)


Add a Comment





Allowed tags: <b><i><br>Add a new comment: