5 Alasan UKM Harus Menggunakan Media Sosial

Tak harus punya nama brand besar untuk terjun ke media sosial, juga tak harus merogoh bujet besar agar usaha kian dikenal. Faktanya, saat ini banyak usaha skala kecil menengah menangguk sukses lewat media sosial.

Media sosial memainkan peranan penting dalam pemasaran online dan ini adalah media yang ideal bagi UKM untuk bersaing dengan perusahaan yang sudah mapan. Keunggulan media sosial adalaha UKM bisa memperluas jangkauan pasar lewat viralitas dan rekomendasi di media sosial, sekaligus bisa berinteraksi langsung dengan basis konsumen.

Arwuda Indonesia-Alasan UKM harus menggunakan Media Sosial

 

Berikut 5 alasan utama kenapa UKM harus memanfaatkan media sosial.

1. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Media sosial tidak hanya mengumpulkan pelanggan lama untuk berpartisipasi di dalamnya, mereka juga berbicara mengenai produk atau layanan Anda. Sebuah penelitian global menyebutkan, 43% pelanggan ‘like’ atau ‘follow’ brand yang mereka gunakan ke dalam jaringan sosial. Hal ini akan memberi Anda kesempatan besar untuk secara aktif melibatkan pasar Anda, misalnya dengan penawaran dan menanggapi keluhan. Perusahaan besar tidak bisa merespon hal-hal seperti ini secara pribadi, meski dengan mengerahkan divisi customer service yang besar.

2. Beradaptasi dan Bertumbuh

Sekali berhasil melibatkan audiens, umpan balik yang Andaterima menjadi sangat bernilai dalam membantu mengembangkan produk dan layanan Anda. Media sosial bukanlah jenis percakapan satu arah dan mengikuti setiap saran dari para pelanggan bukanlah langkah yang mudah. Denga menyelami percakapan audiens membuat Anda mendengar mereka, berusaha meningkatkan posisi pasar, dan akhirnya meningkatkan brand Anda.

3. Meningkatkan Kunjungan Web

Media sosial menjadi titik pertemuan bagi mereka yang mempunyai minat dan keahlian tertentu yang sama. Dengan menyediakan konten yang relevan dan tepat sasaran melalui blog, twitter, facebook, dsb, akan menyebarkan nama Anda dan secara signifikan meningkatkan kunjungan ke website Anda. UKM dengan 300 sampai 1.000 follower di Twitter mendapatkan lima kali lebih banyak kunjungan situs dibandingkan dengan kurang dari 25 follower. Lebih penting lagi, para pengunjung ini ingin mengetahui lebih lanjut tentang layanan yang Anda tawarkan atau produk yang Anda berikan.

4. Meraih Pelanggan Baru

Hasil dari semua percakapan di media sosial adalah menciptakan brand Anda lebih dikenal. Jika dikelola dengan teknik marketing yang efektif, media sosial bisa mendatangkan pemasukan yang lebih besar. Banyak studi kasus yang menjelaskan bahwa sebuah UKM bisa meraih pelanggan baru hanya lewat media sosial. Tentunya Anda pun juga bisa.

5. Potensi Mengalahkan Brand Besar

Dengan kompetisi yang semakin luas dan merata, head to head bisnis Anda bukan hanya sesama UKM, tetapi brand-brand besar. Anda punya peluang besar mengalahkan mereka. Syaratnya, jangan hanya bombardir audiens Anda dengan pesan promosi. Sediakan konten-konten yang bermanfaat, libatkan mereka, dan jadilah orisinil.

 

Posted on Dec 23, 2013 by Arwuda
Tags: Arwuda, arwuda indonesia, UKM, Media Sosial, Social Media
 | Comments (0)

Comments (0)


Add a Comment





Allowed tags: <b><i><br>Add a new comment: