Public Relation Sebagai Nyawa Digital Marketing Masa Depan

Public Relation Sebagai Nyawa Digital Marketing Masa Depan

Digital marketing, ini adalah kata yang sedang naik daun belakangan ini. Mengapa digital? Yup, karena format ini menawarkan media baru yang mengubah struktur komunikasi satu arah menjadi dua arah. Target audiens tak lagi sebagai obyek, tetapi menjadi pihak yang aktif memainkan peran dalam proses marketing.


Saat pasar melakukan komunikasi dua arah, sebuah merek harus melakukan positioning terlebih dahulu melalui media digital, seperti forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring sosial. Lalu apa bentuk konten yang ditawarkan? Mengutip situs marketingprof.com, tren konten digital marketing di masa depan adalah aktivitas public relation.


Sebenarnya, apa sih itu public relation (PR). Mari kita cermati ilustrasi berikut:
Anda melihat seorang gadis cantik dalam sebuah pesta. Anda hampiri dia dan berkata, “Saya sangat kaya, menikahlah dengan saya.” Itu namanya direct marketing.
Anda berada di sebuah pesta bersama teman-teman dan melihat gadis cantik. Salah satu teman Anda menghampiri gadis tersebut dan berkata sambil menunjuk Anda, “Dia sangat kaya, menikahlah dengannya.” Itu disebut advertising.


"Anda berada di sebuah pesta dan melihat seorang gadis cantik. Anda bangun dan meluruskan dasi Anda, Anda berjalan mendekatinya dan menuangkan minumannya, Anda membuka pintu (mobil) untuknya, mengambil tasnya setelah dia turun, menawarkan tumpangan, dan kemudian berkata, “By the way, saya kaya. Maukah Anda menikah dengan saya?” Itulah  apa yang disebut dengan PR.


Dari ilustrasi di atas, kegiatan PR adalah tentang penekanan terhadap aspek menarik dari sebuah bisnis dan menciptakan kesan baik, yang natinya berujung pada pengakuan dan kepercayaan target audiens.  


Tidak seperti agency atau tim in-house yang fokus pada search, social, advertising atau marketing, PR mencakup semua hal tersebut. PR menciptakan pandangan menyeluruh terhadap sebuah brand dan memanfaatkan kampanye multichannel yang dirancang untuk memberi pengaruh positif.


Membuat konten di mana orang-orang ingin membaca sekalu share adalah tugas dari PR. Kegiatan seperti media relations, menyusun komunikasi perusahaan, bahkan press release yang membuat media lain memuat konten kita adalah bentuk dari PR.


Kegiatan PR sungguh bagus diterapkan dalam digital marketing. Ini akan memberi brand atau bisnis sesuatu untuk dibicarakan di ranah digital dan sarana untuk menarik liputan di media offline maupun publikasi online.

Posted on Apr 15, 2014 by Arwuda
 | Comments (0)

Comments (0)


Add a Comment





Allowed tags: <b><i><br>Add a new comment: