Kekuatan Search Engine Optimization dalam E-Commerce

Kekuatan Search Engine Optimization dalam E-Commerce

Potensi perdagangan online atau e-commerce membuat pemain di bisnis ini kian serius berinvestasi untuk mengoptimasi web-nya. Salah satu cara yang dipandang efektif yaitu dengang Search Engine Optimization (SEO). Lewat penerapan SEO, website, atau produk yang ditawarkan dalam website tersebut semakin mudah dijangkau oleh target konsumen.

Seberapa efektifkah SEO dalam dunia e-commerce? Mari kita belajar dari studi kasus yang dilakukan Amazon, salah satu pelaku bisnis e-commerce terbesar di dunia. Sekitar 35% dari konsumen Amazon akan mengklik produk pertama yang mereka lihat dari hasil pencarian lewat search engine. Hasil ini diambil dari 75 juta konsumen yang menggunakan setidaknya satu kali halaman pencarian di Amazon pada September 2014.

Dari survei ini didapat bahwa rata-rata 35% konsumen akan mengklik pada produk pertama yang mereka lihat, terlepas dari apakah pencarian tersebut dilakukan pertama kali atau pencarian berikutnya. Produk hasil pencarian kedua menghasilkan klik sekitar 17%, dan produk ketiga 12%. Hingga 10 produk pertama yang mereka lihat dalam hasil pencarian, produk ke-10 mendapat 3,5% klik.

Data di atas sudah cukup jelas. Semakin awal sebuah produk muncul dalam hasil pencarian, mereka paling berpotensi untuk mendapatkan klik. Dengan kata lain, semakin tinggi peringkat dalam hasil pencarian, maka produk tersebut akan muncul paling cepat dalam halaman hasil pencarian. Untuk mengoptimasi sebuah halaman atau produk agar bisa tampil teratas dalam hasil pencarian, ini adalah salah satu fungsi SEO.

Nah, sudahkah website Anda menerapkan prinsip-prinsip SEO? Dengan kompetisi bisnis yang semakin ketat, sudah saatnya bagi Anda untuk lebih menaruh perhatian dan berinvestasi pada penerapan SEO.

Posted on Jan 20, 2015 by Arwuda
 | Comments (0)

Comments (0)


Add a Comment





Allowed tags: <b><i><br>Add a new comment: