Tren Media Sosial yang akan Hadir di 2016

Tren Media Sosial yang akan Hadir di 2016

Tahun ini, Anda sudah melihat sebuah ledakan besar dari dampak dan pengaruh industri media sosial. Sebanyak 1 miliar orang saat ini adalah pengguna Facebook, dan 80% dari usaha kecil atau menengah adalah perusahaan perorangan yang telah menggunakan media sosial untuk mencapai usaha marketing dan proses branding produknya. Hampir 99% brand global memiliki media sosial. Dengan kata lain, media sosial sudah benar-benar mengubah cara kerja sebuah marketing dan periklanan.
Tahun 2015 adalah tahun yang baik bagi media sosial, dan akan semakin lebih baik lagi di tahun 2016 nanti. Berikut beberapa prediksi mengenai tren media sosial di tahun mendatang:
1. Lebih banyak fitur e-commerce yang akan tersedia
Tombol 'beli' sudah menjadi sebuah karakteristik tersendiri dalam sebuah unsur media sosial. Iklan-iklan dalam Facebook sudah mengizinkan beberapa akses pengalihan langsung ke website-website merchant tertentu lewat proses penekanan tombol 'klik' yang tersedia di iklan tersebut, pengguna dapat langsung membeli tanpa perlu meninggalkan halaman aplikasi tersebut.

2. Meningkatnya interaksi yang menggunakan media audio visual
Lebih dari 50% pengguna mengatakan postingan video dan foto-foto lebih menarik dibandingkan postingan teks yang sederhana. Pada mikroblog seperti Twitter, postingan dengan foto lebih menarik daripada sebuah postingan teks pendek semacam blog kecil. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat lebih merespon stimulus visual.

3. Update media sosial real time
Selain postingan video dan foto yang menarik pengguna media sosial, konten yang real time pun akan mendominasi media sosial di tahun 2016. Misalnya, Periscope, yang baru saja dibeli oleh Twitter. Periscope, sebuah platform dimana penggunanya dapat memposting live video.

4. Menonjolnya kegiatan periklanan
Semakin banyak perusahaan menggunakan iklan layanan media sosial sebagai tambahan dari iklan Google untuk mempromosikan produk mereka. Dapat dikatakan, dalam beberapa tahun ke depan, kumpulan konten dalam media sosial Anda akan lebih didominasi oleh iklan-iklan dan banyak perusahaan akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk hal tersebut.

5. Keamanan dan perlindungan akan menjadi sebuah penekanan
Facebook telah menghadirkan berbagai macam layanan privasi sebagai sistem keamanan kepada para pengguna, karena bagaimana pun juga platform yang memiliki perhatian lebih mengenai keamanan informasi pengguna nya akan tetap bertahan bahkan cenderung bertahan lama.

Website-website perusahaan dan situs belanja online juga masih memiliki dominasi pada e-commerce, tapi media sosial itu sendiri terus memuncak secara terus-menerus dan tidak berubah. Di tahun depan, media sosial adalah tren yang besar dan tidak akan pergi kemana pun.

 

Posted on Dec 01, 2015 by Arwuda
 | Comments (0)

Comments (0)


Add a Comment





Allowed tags: <b><i><br>Add a new comment: